Selasa, 28 Desember 2010

Analisis SOSTAC

PHOTOVOLTAIK

1. LATAR BELAKANG
Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, masyarakat kita tengah memasuki dunia dengan kesadaran insan terangkat. Semakin banyak ilmuwan, insinyur, dan investor memperkenalkan penemuan teknologi dengan tujuan mulia demi kepentingan kemanusiaan. Sementara manusia menjadi lebih maju dalam pengetahuan ilmiah, adalah penting juga menemukan kembali kebijaksanaan spiritual kita, sehingga penggunaan teknologi hanya untuk perdamaian dan tujuan konstruktif. Kearifan kita yang diberikan Tuhan, digabungkan dengan pemahaman teknis, dapat menjadi alat untuk mengubah dunia kita menjadi surga untuk dinikmati semua orang.
Oleh karena itu kami PT. Pertamina terus berinovasi dalam menciptakan teknologi terbaru yang ramah lingkungan. Kami telah menciptakan Teknologi Photovoltaik yang mengkonversi langsung cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan divais semikonduktor yang disebut sel surya (solar cells) merupakan salah satu pilihan yang menarik. Teknologi ini akan kami kembangkan sebagai energi alternatif pengganti BBM digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan bermotor. Apalagi ditengah- tengah isu pengurangan jumlah BBM supsidi maka teknologi ini dianggap sebagai pilihan yang bijak untuk pengganti BBM.

2. PROGRAM KOMUNIKASI
Kami akan melakukan beberapa program komunikasi untuk memperkenalkan teknologi ini kepada masyarakat luas, diantaranya:
2.1 Lounching Produk
Kegiatan pertama kami adalah louncing produk sebagai bentuknya antara lain:
 Press Release
Terlampir
 Press Conference
• Waktu : 12 Januari 2011
• Tempat : Hotel Indonesia
• Media Target ,
- Elektronik : TV(ANTV, TV One, SCTV, RCTI, INDOSIAR, Jak TV, TRAN TV,TRANS 7) dan Radio (GEN FM, DAKTA FM, POP FM, PRAMBOS)
- Cetak : Surat kabar (Otomotif dan Teknologi), Bilboard, Poster, Pamflet.
• Pembicara,
- Direktur PT. Pertamina
- Manajer Marketing
- Manajer Pemasaran
- Manajer Public Relation
 Uji Coba Mobil Surya Pv “pertamina”
Kami akan menguji cobakan mobil modivikasi kami yang telah mengadopsi energi surya mobil yang kita beri nama Mobil Surya Pv “Pertamina”. Nantinya semua awak media akan menyaksikan ketangguhan mobil dan kecepatan mobil ini. Mereka pun berkesempatan untuk mencoba mobil ini.
Kegiatan :
Tempat : Bundaran HI
2.2 ADVETORIAL
Terlampir
2.3 EVEN INDONESIA HIJAU
Program ini akan kami laksanakan pada bulan februari kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian pertamina dalam masalah lingkunan hidup. Pertamina akan menanam 2000 pohon dilahan sekitar 1Ha. Ini untuk menyadarkan masyarakat juga bahwa daerah puncak yang kita kenal dengan perkembangan vilanya. Tapi dengan even ini Pertamina ingin menyadarkan pula bahwa penanaman pohon di daerah puncak akan melindungi jakarta dari banjir.
Kegiatan :
Nama Kegiatan : Indonesia Hijau
Jenis kegiatan : CSR
Tempat : Puncak Bogor
2.4 OPEN HOUSE
Kegiatan ini merupakan kegiatan external PR PT. Pertamina. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya membangun kepercayaan masyarakat pada Pertamina. Terutama sekali pada energi alternatif terbaru yng diciptakan oleh pertamina. Pertamina akan mengadakan kegiatan Open House selama 1 hari. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui produk yang terbaru yang diciptakan pertamina.
Kegiatan :
Nama kegiatan : Open House
Jenis Kegiatan : External PR
Tempat : PT. PERTAMINIA

2.5 SPONSOR SHIP
Terlampir
2.6 IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Terlampir
2.7 PAMERAN
Pertamina akan mengadakan pameran selama 3 hari tentang Pertamina Photovoltaik. Tidak hanya itu pertamina juga menampilkan produk- produk lainya. Disini juga terdapat penawaran harga khusus dan penawaran menarik lainya tentang Photovoltaik. Pameran ini akan di selenggarakan di JCC pada bulan Juni.
2.8 PRESS TOUR
Ini adalah salah satu kegiatan untuk membina hubungan media yang baik pertamina akan melaksanakan kegiatan press tour yang diharapkan dengan ini akan terjalin kerjasama yang baik antara media dan pertamiana.

3. SITUASI
3.1 Tipe Masyarakat
Sasaran masyarakat dari produk ini adalah masyrakat yang sadar akan lingkunan hidup yang bersih dan nyaman.
3.2 Posisi Perusahaan
Lingkup usaha PERTAMINA terdiri atas bisnis energi di sektor hulu dan sektor hilir. Bisnis Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas, dan panas bumi yang dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan usaha ini dilakukan melalui operasi sendiri oleh Perusahaan (own-operation ) dan kemitraan dalam bentuk kerjasama melalui Joint Operation Body-Enhance Oil Recovery (JOB- EOR) dan Technical Assistance Contract (TAC). Sedangkan bisnis penyertaan dalam bentuk kerjasama melalui Joint Operation Body-Production Sharing Contractors (JOB-PSC), Indonesian Participation (IP) dan Pertamina Participating Interest (PPI) serta beberapa Joint Operating Contract (JOC).

Bisnis di sektor hilir meliputi kegiatan pengolahan minyak mentah, pemasaran dan niaga. Kegiatan pengolahan terdiri dari: Refinery Unit (RU) II / Dumai, Refinery Unit III / Plaju, Refinery Unit IV / Cilacap, Refinery Unit V / Balikpapan, Refinery Unit VI / Balongan dan Refinery Unit VII / Sorong, Unit kilang LNG Arun /Aceh dan Unit kilang LNG Bontang/ Kalimatan timur, sedangkan produk-produk yang dihasilkan meliputi Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti; Premium, minyak tanah, minyak solar, minyak diesel, minyak bakar dan Non BBM seperti; Pelumas, Aspal, Liquid Petrolium Gas (LPG), Musicool, serta Liquid Natural Gas (LNG), Paraxylene, Propylene, Polytam, PTA dan produk lainnya, sedangkan kegiatan pemasaran dan niaga adalah memasarkan dan mendistribusikan produk minyak mentah, BBM, NBBM dan produk lainnya di Indonesia dan manca negara serta bisnis perkapalan yang terkait dengan pendistribusian proudk-produk perusahaan.

3.3 Produksi
Sejak Januari 2011, PT Pertamina PV Telah menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik, yang dikenal dengan sebutan PERTAMINA e-Procurement. Penyediaan sistem ini merupakan bagian dari upaya peningkatan sistem pengadaan barang dan jasa, sehingga akan memperlancar jalan menuju cita-cita Pertamina Pv World Class. Implementasi e-procurement ini juga sejalan dengan keinginan untuk melaksanakan kegiatan secara Good Corporate Governance (GCG).
4. OBJECTIVE
4.1 TUJUAN
1. Menciptakan kepercayaan masyrakat.
2. Merubah perilaku masyarakat menjadi ramah lingkungan.
3. Menjadikan Energi alternatif ini menjadi pilihan utama masyarakat.
4. Menempatkan produk menjadi market leader.
5. Ingin memperbaharui tampilan dan untuk memperoleh tempet dihati konsumen.
4.2 VISI DAN MISI
Pertamina PV memiliki visi sebagai berikut:
“MENJADI ENERGI ALTERNATIF UTAMA PILIHAN MASYARAKAT”
Untuk meraih visi itu, disusunlah misi berikut:
Melaksanakan pengusahaan sektor hulu minyak dan gas dengan berwawasan lingkungan, sehat dan mengutamakan keselamatan serta keunggulan yang memberikan nilai tambah bagi stakeholder.
Nilai-nilai unggulan Pertamina PV
Untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis para pekerja Pertamina PV senantiasa mengacu pada nilai-nilai dasar yang telah disepakati bersama sebagai tata nilai unggulan. Nilai-nilai unggulan itu diharapkan mampu membangun kekuatan sinergi sehingga mampu menjadi pendorong untuk mencapai visi Pertamina PV World Class melalui misi strategis perusahaan. Nilai-nilai unggulan yang terdiri dari focus, integrity, visionary, excellence dan mutual respect -- disingkat dengan FIVE-M -- ini ditanamkan kepada seluruh pekerja, sebagai arah pedoman untuk mencapai visi dan misi perusahaan.
Namun sejalan dengan program transormasi yang dijalankan oleh PEP, FIVE-M dikembangkan menjadi FIVE-M GO PEP, dengan ditambah sejumlah nilai unggulan yang terdiri dari: good corporate governance, optimization, personal quality, empowerment, peerless shareholder value dan proper HSE.

5. STRATEGI
• LOUNCHING PRODUK
• ADVETORIAL
• EVEN INDONESIA HIJAU
• OPEN HOUSE
• SPONSORSHIP
• IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
• PAMERAN
• PRESS TOUR

6. TAKTIK
6.1 KEGIATAN IMC
• PERSONAL SELLING
Kegiatan penjualan langsung yang kami lakukan berjalan selama 11 bulan mulai dari setelah louncing produk. Hal ini dilakukan di sektor- sektor strategis yang dimiliki pertamina salah satunya adalah di SPBU, kita akan membuka stan untuk menarik para calon pembeli atau konsumen. Konsumen juga akan mendapatkan informasi yang cukup banyak tentang produk kami.
• SALES PROMOTION
Kegiatan yang bertujuan untuk mempercepat respon pembelian ini akan kami laksanakan secara berkesinambungan selama bulan mei sampai Juli dengan memanfaatkan even Boladiator Pertamina. Dan pada akhir tahun dalam rangka akhir taun kami memberikan hadiah dan potongan harga untuk setiap pembelian produk kami.


• ADVERTORIAL
Kegiatan ini kami laksanakan pada bulan februari. Kami akan memasukan beberapa advetorial pada surat kabar otomotif dan teknologi. Tidak hanya itu kami juga akan memanfaatkan rubrikasi dari kompas dan seputar indonesia.
• DIRECT ONLINE MARKETING
Hal ini merupakan kegiatan yang mengikuti perkembangan pasar dimana bisnis melalui media online sedang menjadi tren. Kami juga melakukanya melalui web site khusus kami. Diharapkan dengan penjualan melalui online bisa membangkitkan reson pembeli masyarakat.
• PUBLICITY
Publisitas yang kami lakukan adalah melalui Bilboard, Poster, Pamflet.
6.2 ANGGARAN
Terlampir
7. TIME LINE
NAMA
KEGIATAN BULAN
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Lounching Produk
ADVETORIAL
EVEN INDONESIA HIJAU
OPEN HOUSE
SPONSORSHIP
IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
PAMERAN
PRESS TOUR
SALES PROMOTION
PERSONAL SELLING
DIRECT ONLINE MARKETING

8. CONTROL
1. Mengevaluasi setiap program yang berjalan.
2. Mensinergikan setiap elemen pekerjaan.
3. Melakukan penentuan team kerja didalamya ada tim kreatif dan tim pelaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar